Kegiatan orientasi akademik mahasiswa PPG dilakukan secara rutin setiap kali mahasiswa PPG akan memasuki perkuliahan yang pada dasarnya sama dengan PKKMB mahasiswa Baru regular di Universitas Tadulako.

Kegiatan ini bertujuan mengorientasikan mahasiswa baik dalam hal mengenal civitas akademika maupun kegiatan yang akan dilalui selama pelaksanaan Pendidikan Profesi.

Hal tersebut dijelaskan oleh Dr. Ijirana, S.Pd., M.Si pada selaku Ketua Panitia pada saat dihubungi oleh tim Responsulteng.com.

Kegiatan ini dilaksanakan secara Daring dan Luring, Pengelola PPG melaksanakan secara Luring dan semua mahasiswa serta dosen dan guru pamong mengikutinya secara Daring via zoom.
Kegiatan PPG dihadiri oleh Rektor Universitas Tadulako Prof. Dr. Ir. Mahfudz, MP dan para pimpinan FKIP juga Dekan FKIP Dr. Ir. Amiruddin Kade, S.Pd., M.Si. yang sekaligus memberi sambutan serta membuka kegiatan orientasi secara daring.

Materi kegiatan ini, katanya, berupa Pengenaalan Pimpinan, Pengelola PPG, Dosen, Guru Pamong, Dan Admin LMS. Dilanjutkan dengan pemaparan kebijakan dan kurikulm PPG, Pengenakan Sistem informasi PPG, dan diakhiri dengan diskusi.

Jumlah mahasiswa PPG seperti yang dikatakan oleh Dr. Ijirana, pada kategori 2 yang mengikuti orientasi sebanyak 380 orang dengan 6 bidang studi. Satu bidang studi berjumlah 35 orang perkelas.

“Untuk Bidang studi Guru kelas sebanyak, 210 orang yang tersebar di 6 kelas yaitu Kelas K2 A, B, C,D,E, dan F; untuk bidang studi Bimbingan Konseling, PJOK, Bahasa Indonesia, dan Bahasa Inggris, serta PPKn masing-masing sebanyak 35 orang,” jelasnya.

Kami di Universitas Tadulako, lanjutnya, sangat Bangga mengelola PPG yang berasal dari seluruh Pulau di Indonesia. Yaitu pulau Sulawesi sebanyak 216, pulau Sumatra 26 orang, pulau Kalimantan 106 orang, dan pulau Jawa sebanyak 36 orang.

“Mahasiswa kategori 2 ini akan mengikuti Pendidikan profesi Guru di Prodi PPG FKIP Untad selama 1 semester yang akan dimulai pada Tanggal 25 Agustus hingga pertengahan Desember 2022,” ungkapnya.

“Satu hal yang sangat kami syukuri dalam mengelola PPG ini, yaitu Dukungan Para pimpinan Universitas dan Fakultas sehingga dengan dukungan ini semua kegiatan dapat terlaksana dengan baik dan jumlah mahasiswa dari tahun ke tahun semakin bertambah. Alhamdulillah tahun ini jumlah mahasiswa sebanyak 1. 055 orang,” pungkas Dr. Ijirana.***

Tags: